Ulil Albab
Vol. 1 No. 2: Januari 2022

Penanaman Nilai–Nilai Islami bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Laras

Diah Yulianingsih (Universitas Ahmad Dahlan)
Ma'rif Hidayat (Universitas Ahmad Dahlan)
Fatih Azza Nabila (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2022

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting yang ada di Negara ini, baik pendidikan Inklusi maupun Pendidikan Non Inklusi. Adapun pembahasan dalam penelitian ini mengenai bimbingan dalam pendidikan Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Laras. Hal ini perlu untuk diteliti karena setiap individu berhak mendapatkan pendidikan, dalam penelitian ini lebih diutamakan untuk pendidikan islam. Peran karakteristik dan model bimbingan dalam pendidikan islam sangat penting untuk di terapkan, perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kurikulum dari masing – masing instansi pendidikan. Dengan adanya peranan dari Pendidikan islam dalam membina anak – anak berkebutuhan khusus tuna laras diharapkan mampu memberikan wawasan kepada peserta didik anak berkebutuhan khusus tuna laras bahwasanya melalui pendidikan islam sebagai upaya penanaman nilai – nilai islami guna mempersiapkan generasi berakhlak mulia. Karakteristik dari anak berkebutuhan khusus tuna laras diantaranya Tidak mampu mendefinisikan dengan tepat kesehatan mental dan perilaku yag normal, Tidak mampu mengukur emosi dan perilakunya sendiri, dan Mengalami kesulitan dalam menjalankan fungsi sosialisasi, sehingga diperlukan adanya model bimbingan yang relevan untuk menghadapi kondisi tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...