Ulil Albab
Vol. 1 No. 3: Februari 2022

Konsep Metode Halaqah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Walisongo Lampung Utara

Ridho Hidayah (Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2022

Abstract

Pondok pesantren walisongo simpang propau kabupaten lampung utara adalah pesantren yang didalam pembelajaranya terdapat mata pelajaran bahasa Arab. Dalam implementasi pembelajaranya santri pondok pesantren walisongo menggunakan metode Halaqah. Berdasarkan pemaparan ini, penulis berketepatan untuk mendalami lebih lanjut bagaimana implementasi metode Halaqah dalam pembelajaran Bahasa Arab di pondok pesantren walisongo simpang propau kabupaten lampung utara. Tujuan diadakanya halaqoh bahasa arab yaitu memberikan bekal hafalan bahasa Arab dan terampil berbicara serta dapat mengarang bahasa Arab dengan baik. Adapun Sistem pengajaranya yaitu santri melingkar mengelilingi gurunya dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 8-15 orang. Kelompok tersebut melakukan aktifitas hafalan mufrodat di masjid secara bergilir. Kegiatan Halaqah merupakan cara yang tepat agar peningkatan mufradat dalam pembelajaran bahasa arab dapat tercapai secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep metode halaqah pada pembelajaran bahasa Arab yang diimplikasikan di dalam pondok pesantren Walisongo simpang propau kabupaten lampung utara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...