Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran dalam pembelajaran matematika melalui metode cooperative learning tipe talking stick. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyeknya yaitu siswa kelas VI SDN Purwoprajan II Jebres Surakarta berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Validitas data dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: 1) Mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 22,22% dan setelah tindakan 51,85%, 2) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 29,63% dan setelah tindakan 70,37%, 3) Mengemukakan pendapat sebelum tindakan 25,93% dan setelah tindakan 66,67%, 4) Mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 37% dan setelah tindakan 74,07%. Pada hasil belajar mengalami peningkatan terbukti ketuntasan belajar mengalami kenaikan dari pra siklus yang hanya 59,26% meningkat menjadi 66,67% pada siklus I, meningkat lagi menjadi 74,07% pada siklus II dan mengalami peningkatan pada siklus III yakni sebesar 88,89%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam belajar matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022