Ulil Albab
Vol. 1 No. 4: Maret 2022

Peningkatan Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Penilaian Kurikulum 2013 melalui Bimbingan Terstruktur pada Guru Sekolah Dasar Negeri Purwoprajan II Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020

SM NINGRUM (SDN PURWOPRAJAN II)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

Penelitian tindakan sekolah bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan penilaian Kurikulum 2013 melalui bimbingan terstruktur pada Guru Sekolah Dasar Negeri Purwoprajan II Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yaitu penelitian yang dilakukan oleh kepala sekolah, dengan penekanan pada peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan penilaian Kurikulum 2013. Subyek penelitian adalah guru Kelas Sekolah Dasar Negeri Purwoprajan II Surakarta yang berjumlah 6 orang guru. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data dengan triangulasi sumber maupun metode. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembimbingan terstruktur mampu meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian berdasarkan kurikulum 2013. Faktor yang menyebabkan kenaikan yang cukup siknifikan yaitu kemampuan guru yang sudah meningkat, kemauan dan semangat guru dalam mengikuti bimbingan terstruktur yang sangat tinggi. Langkah-langkah dalam pembimbingan terstruktur sangat mempengaruhi keberhasilan guru dalam meningkatkan kemampuan melaksanakan penilaian berdasarkan kurikulum 2013. Sedangkan faktor yang kedua yang mempengaruhi peningkatan kemampuan guru dalam teknik penilaian kurikulum 2013 yaitu teknik atau langkah-langkah yang tepat yang dilaksanakan oleh peneliti.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...