Ulil Albab
Vol. 1 No. 5: April 2022

KONSTRUKSI MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID

Vick Ainun Haq (UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2022

Abstract

Meodernisasi kerap menjadi momok menakutkan bagi kelompok fundamentalis (kanan) di Indonesia, modernisasi pun dapat digunakan sebagai alat untuk mempropagandakan ideologi liberal (kiri). Kecerdasan berfikir dalam menjaga idoelogi Pancasila menjadi penting, di era sekarang. Maksud dari penelitian ini ialah mendeskripsikan keterpaduan sebuah konsep modernisasi dalam bingkai ke-Islam-an, ke-Indonesia-an dan ke-Ilmu-an dalam pendidikan Islam persektif Nurcholish Madjid. Jenis penelitian ini menggunakan kajian pustaka (library research) yang dikaji dari buku-buku karya Nurcholish Madjid sebagai sumber primer dan sumber data yang relevan serta mendukung penelitian sebagai sumber sekunder. Analisis data penelitian dilakukan dengan metode: Pengumpulan data (Data Collection), Verifikasi (Conclusion Drawing). Dalam hal ini modernisasi pendidikan Islam dapat dikonklusikan bahwa upaya melakukan perubahan terhadap aktivitas pendidikan Islam yang lama kepada aktivitas pendidikan Islam yang baru. Peneliti menemukakn hasil integrasi pendidikan Islam untuk mencapai modernisasi Pendidikan Islam yang berkualitas ialah dengan membentuk kesadaran pentingnya keseimbangan Sosial-Spiritual dan kesimbangan antara Pengetahuan dan Agama

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...