Ulil Albab
Vol. 1 No. 5: April 2022

Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Intruction/Team Assisted Individualization (TAI)

Nyawiti Nurhaini (SMKN 2 Penajam Paser Utara)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan latarbelakang rendahnya kemampuan menulis suratdinas/resmi pada siswa kelas XII Jurusan TeknikKomputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 PenajamPaser Utara. Penelitian difokuskan pada ModelPembelajaran Kooperatif Tipe TAI untukmeningkatkan kemampuan Menulis SuratDinas/Resmi pada siswa kelas XII Jurusan TeknikKomputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 PenajamPaser Utara Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitianini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana caramelaksanakan model pembelajaran tersebut padamateri menulis surat dinas/resmi. Penelitian yangdijadikan subyek sebanyak 33 siswa. ProsedurPenelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 3 Siklus.Tiap-tiap siklusnya mencakup kegiatan Perencanaan(Plan), Tindakan, Observasi dan Refleksi. Masingmasing Siklus menggunakan strategi pembelajaranyang berbeda pada Lembar Kerja Siswa (LKS).Namun materi dan model pembelajaran yangditerapkan sama. Pengambilan data dalampenelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknikobservasi, wawancara, angket dan dokumen fotokegiatan proses pembelajaran siswa serta PenilaianHasil Ulangan Harian. Instrumen yang digunakanberupa Lembar Observasi Terfokus, Daftarpertanyaan untuk Wawancara, Daftar Angket untuksiswa dan Soal tes formatif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa melalui model pembelajaranKooperatif Tipe TAI ini, terbukti dapat meningkatkanhasil pencapaian batas penguasaan. Modelpembelajaran ini dianggap sangat menarik, lebihmudah, lebih baik dan sangat setuju dilanjutkanpenggunaannya dalam proses pembelajaran bahasaIndonesia pada materi yang lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...