Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggrissiswa pada kelas X adminitrasi Perkantoran di SMKNegeri 2 Penajam Paser Utara semester genap tahunpelajaran 2019/2020. Kemampuan berbicara Bahasainggris siwa di kelas Administrasi Perkantorancenderung pasiv dan kurang kreatif, mereka merasatidak percaya diri dan takut saah ketika berbicaradengan guru ataupun dengan teman-teman di dalamkelas. Hal ini disebabkan oleh terlalu monoton nyatekni belajar yang dipakai oleh guru didalam kelas,oleh karena itu disini penulis melakukan penelitianini dengan tujuan agar kemampuan berbicaraBahasa Inggris siswa lebih meningkat lagi denganmenggunakan teknik KWL (Know, What to Know,and Learned) pada Siswa Kelas X AdministrasiPerkantoran Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjekpenelitian adalah siswa kelas X AdministrasiPerkantoran, tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak36 siswa, yang keseluruhan adalah siswa putri.Objek penelitian adalah kegiatan selamapembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitiantindakan kelas ini terdiri atas dua siklus. Siklus 1 danSiklus 2 masing masig terdiri atas 2 pertemuandilaksanakan pada bulan Januari -Februari. Hasilpengamatan pada siklus I nilai kemampuanberbicara siswa adalah 75%. Hasil pengamatanPada siklus II, nilai kemampuan berbicara siswamenjadi 84%. Hasil penelitian menunjukanpenggunaan Teknik KWL dapat meningkatkankemampuan berbicara siswa kelas X AdministrasiPerkantoran SMK Negeri 2 Penajam Paser Utara
Copyrights © 2022