Tujuan dalam penelitian ini adalah 1)untuk meningkatkan kemampuan penguasaan materisiswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris materipokok : teks interaksi transaksional di Kelas IX.DUPT SMP Negeri 4 Gresik melalui pembelajaranempat tahap, 2) Untuk meningkatkan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di KelasIX.D UPT SMP Negeri 4 Gresik melaluipembelajaran empat tahap. Penelitian ini dilakukandi Kelas IX.D UPT SMP Negeri 4 Gresik, jumlahsiswa Kelas IX.D sebanyak 31 siswa, pada matapelajaran Bahasa Inggris pada materi pokok : teksinteraksi transaksional, dilaksanakan padapengajaran semester ganjil tahun 2019/2020pengumpulan data melalui metode tes dan dianalisisidengan analisa statistik sederhana, yaitu dengananalisa diskriptif. Hasil penelitian tindakan yangdilakukan ditemukan jawaban bahwa nilai rata-ratayang tidak menggunakan Pembelajaran empat tahapmencapai 74,4. Ketuntasan klasikal pada siklus Iyang menggunakan Pembelajaran empat tahap”mencapai 72,22 %. Diikuti tindakan siklus IIdiketahui nilai rata-rata pada siklus II adalah 84,38,pada siklus III naik menjadi 84,55. Presentasiketuntasan klasikal naik dari 91,67 % menjadi 100%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022