Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuidan menganalisis Pengaruh Pemanfaatan AplikasiAyo Ruqyah dan Pelayanan Terhadap KepuasanAnggota Jam’iyyah Ruqyah Aswaja, dimana aplikasiini baru di terapkan awal 2022. Penelitian ini berupapenelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Populasi yang menjadi sampel penelitian ini adalahseluruh Anggota Jam’iyyah Ruqyah Aswaja yangberjumlah 240 responden. Kuesioner diuji dengan ujireliabilitas dengan menggunakan Alpha Crombachdan uji validitas dengan menggunakan uji pearsoncorrelation, selanjutnya dilakukan uji normalitas, ujimultikolinearitas dan uji heteroskedastisitas.Kemudian uji hipotesis dilakukan uji nilai selisihmutlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwavariabel pemanfaatan aplikasi ayo ruqyahberpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggotaSedangkan Variabel pelayanan assurance, tangible,responsiveness juga berpengaruh signifikan terhadapkepuasan anggota jam’iyyah ruqyah aswajakabupaten malang.
Copyrights © 2022