Ulil Albab
Vol. 1 No. 6: Mei 2022

Meningkatkan Interaksi dan Hasil Belajar Daring Menggunakan Google Classroom Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Awayan Kabupaten Balangan

Eddy Mufiannoor (SMPN 1 Awayan)



Article Info

Publish Date
14 May 2022

Abstract

Penelitian menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang dimulai dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan terhadap interaksi belajar dan melaksanakan penilaian terhadap siswa kelas IXB SMPN 1 Awayan yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I terdiri atas 2 pertemuan dan siklus II terdiri atas 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring Google Classroom dapat meningkatkan interaksi belajar dan hasil belajar siswa. Interaksi belajar pada siklus I yaitu 62,50%, sedangkan siklus II meningkat menjadi 92,50%. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 78,10% dan siklus II memperoleh ketuntasan sebesar 83,10%. Berdasarkan temuan dan deskripsi hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring Google Classroom dapat meningkatkan interaksi belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di SMPN 1 Awayan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...