Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan, Penggunaan Digital Payment terhadap Perilaku Konsumtif pada Generasi Z di DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Metode pengambilan data dengan metode kuesioner. Data setelah dikumpulkan kemudian di olah menggunakan alat bantu SPSS Versi 25. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis dan analisis jalur. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan digital payment terhadap perilaku konsumtif, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara literasi keuangan terhadap penggunaan digital payment, (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif dengan dimediasi oleh penggunaan digital payment.
Copyrights © 2024