Ulil Albab
Vol. 1 No. 7: Juni 2022

Pemahaman Pembelajaran Konsep Matematika Menggunakan Media Papan Jari Baru Pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasarn Melalui Pembelajaran Daring

jamilatus sholehah (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2022

Abstract

Menanamkan konsep matematika kepada peserta didik disekolah adalah langkah awal pada membentuk siswa buat dapat menyukai pelajaran matematika yang sulit dipahami. Pada pembelajaran matematika, pengajar harus bijak dalam menentukan media pembelajaran. Media papan jari baru termasuk media sederhana namun dapat membawa manfaat bagi peserta didik yakni peserta didik bisa tahu jaring-jaring bangun ruang lebih praktis, peserta didik mampu lebih kreatif dalam menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang serta peserta didik bisa memilih bagian jaring-jaring suatu bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari. Classroom Action Research atau lebih dikenal penelitian tindakan kelas artinya metode yang dipergunakan pada penelitian ini. Dalam penelitian ini peneliti akan meneliti cara belajar peserta didik, kemampuan peserta didik secara objektif serta minat belajar peserta didik. Objek asal penelitian ini yaitu peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Negeri Serut 01 kecamatan Panti kabupaten Jember. Jadi media pembelajaran papan jari baru pada materi bangun ruang sisi datar mampu menaikkan minat peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata asal hasil pretest 72,57% ke akibat post test 86,85%, meskipun pembelajaran dilaksanakan melalui daring dan terdapat beberapa kendala tetapi hal tadi tidak mengurangi semangat peserta didik buat belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...