Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program ekstrakulikuler study club pada mata pelajaran matematika di SD Nizamia Andalusia dari sisi konteks, input, proses dan produk. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yaitu penelitian evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ekstrakulikuler study club pada mata pelajaran matematika, (1) pada aspek konteks, tujuan diselenggarakannya program ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakulikuler pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pasal 2, yaitu untuk mengembangkan potensi belajar siswa dalam hal ini pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (2) pada aspek input yang meliputi perencanaan, sumber daya manusia, sarana prasarana, pembiayaan dan prosedur sudah baik, karena kompetensi yang dimiliki pembina program ekstrakulikuler sudah sesuai dengan bidangnya, pembiayaaan sudah diatur dengan baik dan sarana prasarana telah disediakan oleh sekolah serta prosedur sudah direncanakan dengan matang oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan (3) aspek proses yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan sarana, pengelolaan ketenagaan dan pengelolaan pembiayaan pada program sudah mampu dijalankan dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsinya, (4) aspek produk, meningkatnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika bagi siswa yang mengikuti program ekstrakulikuler study club.
Copyrights © 2022