Ulil Albab
Vol. 1 No. 9: Agustus

Pengaruh Metode Multisensori terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Muhajirin

Sindias Mita (Universitas PGRI Palembang)
Santa Idayana Sinaga (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak metode multisensori terhadap kecerdasan. linguistik di TK Al-Muhajirin. Kecerdasan linguistik ialah kecerdasaan mengolah kata baik ketika berbicara, menulis dan membaca, mempunyai kemampuan meyakinkan orang lain, mengingat dan menghafal informasi. Populasinya ialah seluruh sanak TK Al-Muhajirin. Sampel penelitian ini ialah: 34 orang anak, 18 anak B1 dan 16 anak B2. B1 adalah kelas yang mendapat perlakuan dari penelitian eksperimen dan kelas B2 hanya akan menjadi kelas kontrol pada anak kelas B di TK Al-Muhajirin. Bentuk penelitiannya ialah penelitian Pre-Eksperimental Design (Non Design) dipakai oleh One-Group Pretest-Posttest. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut menunjukkan nilai rata-rata hasil pretest 84,72 dan nilai rata-rata posttest 98,97 ini berarti nilai rata-rata hasil pretest lebih kecil dari pada posttest. Hal ini menunjukkan bahwa metode multisensori mempunyai pengaruh terhadap kecerdasan linguistik anak kelompok B1 di TK Al – Muhajirin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...