Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak metode multisensori terhadap kecerdasan. linguistik di TK Al-Muhajirin. Kecerdasan linguistik ialah kecerdasaan mengolah kata baik ketika berbicara, menulis dan membaca, mempunyai kemampuan meyakinkan orang lain, mengingat dan menghafal informasi. Populasinya ialah seluruh sanak TK Al-Muhajirin. Sampel penelitian ini ialah: 34 orang anak, 18 anak B1 dan 16 anak B2. B1 adalah kelas yang mendapat perlakuan dari penelitian eksperimen dan kelas B2 hanya akan menjadi kelas kontrol pada anak kelas B di TK Al-Muhajirin. Bentuk penelitiannya ialah penelitian Pre-Eksperimental Design (Non Design) dipakai oleh One-Group Pretest-Posttest. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut menunjukkan nilai rata-rata hasil pretest 84,72 dan nilai rata-rata posttest 98,97 ini berarti nilai rata-rata hasil pretest lebih kecil dari pada posttest. Hal ini menunjukkan bahwa metode multisensori mempunyai pengaruh terhadap kecerdasan linguistik anak kelompok B1 di TK Al – Muhajirin.
Copyrights © 2022