Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Vol. 3 No. 5: Juli 2024

Pengaruh Word Of Mouth, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Kartu Paket Internet

Dinda Safira (Universitas Samudra)
Erni Junaida (Universitas Samudra)
Maulana Rahman (Universitas Samudra)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Word of mouth, brand image, dan brand trust terhadap kepuasan konsumen kartu paket internet Smartfren di Kecamatan Besitang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 96 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Hasil persamaan regresi linier berganda Y= 1,320 + 0,174x_1 + 0,289x_2 + 0,299x_3. Hasil uji t menyatakan Word Of Mouth berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen kartu paket internet Smartfren, Brand image berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen kartu paket internet Smartfren, dan Brand Trust berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen kartu paket internet Smartfren. Hasil uji f menyatakan Word of mouth, brand image, dan brand trust secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen kartu paket internet Smartfren. Hasil uji koefisien determinasi bernilai 0,319 atau sebesar 31,9%. Hal ini menunjukkan variabel Word of mouth, brand image, dan brand trust mempengaruhi kepuasan konsumen kartu paket internet Smartfren di Kecamatan Besitang sedangkan sisanya 68,1% di pengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Penelitian ini perlu dilakukan karena khusus perusahaan Smartfren harus mampu beradaptasi dan dapat mempertahankan konsumennya dengan mengawasi perilaku mereka sehingga terjaga kepuasan konsumennya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EKOMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam ...