Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Vol. 3 No. 6: September 2024

Pengaruh Influencer Marketing terhadap Purchase Decision Melalui Brand Image pada Pengguna Wardah UV Shield Series

Nahda Nabilaturrahma (Universitas Pendidikan Indonesia)
Syti Sarah Maesaroh (Universitas Pendidikan Indonesia)
Asep Nuryadin (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2024

Abstract

Influencer marketing telah menjadi salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk menjangkau konsumen secara lebih efektif, terutama dalam industri kecantikan. Fenomena ini terlihat jelas pada Wardah UV Shield Series, khususnya setelah reformulasi pada Wardah UV Shield Essential Gel Sunscreen Serum SPF 35 PA+++ dengan menghilangkan kandungan 4-MBC menjadikan produk ini lebih aman dan sesuai dengan preferensi konsumen yang semakin peduli terhadap keamanan kandungan produk. Influencer berperan penting dalam membentuk persepsi merek dan mempengaruhi keputusan pembelian pasca-reformulasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing terhadap purchase decision melalui brand image pada pengguna Wardah UV Shield Series. Hasil penelitian menyatakan: 1) influencer marketing (X) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand image (Z). 2) brand image (Z) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase decision (Y). 3) influencer marketing (X) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase decision (Y). 4) Adanya pengaruh mediasi antara influencer marketing (X) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase decision (Y) melalui brand image (Z). Implikasi dari hasil penelitian ini, bahwa perusahaan industri kecantikan perlu memprioritaskan pemasaran melalui influencer dengan pengelolaan brand image untuk mendorong purchase decision secara efektif. Perusahaan diharapkan terus beradaptasi dan responsif terhadap perubahan teknologi serta tren pasar, termasuk dalam reformulasi produk.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EKOMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam ...