Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Vol. 3 No. 3: Maret 2024

Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Produk Telkomsel di Kota Bitung

Iskandar Rifai (STIE Pioner Manado)
Patricia J.C. Kojongian (Universitas Trinita)
Treesje Imran (STIE Pioner Manado)
Yongker Baali (Universitas Trinita)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yaitu promosi. Menurut Lupiyoadi, R (2013:92), promosi (promotion) merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat produk dan sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan kebutuhan. Promosi penjualan merupakan suatu kegiatan yang mendorong efektivitas pembelian dengan menggunakan alat bantu seperti peraga, pameran, demonstrasi, dan sebagainya. Promosi merupakan sarana bagi penjual untuk mengubah sikap pembeli agar lebih mengenal lagi produk dari perusahan tersebut, sehingga dapat berakhir pada keputusan pembelian. Menurut Lupiyoadi, R (2013:92), promosi (promotion) merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat produk dan sebagi alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan kebutuhan. Menurut Swastha dan Irawan (2012:245), promosi penjualan adalah suatu kegiatan yang mendorong efektivitas pembelian dengan menggunakan alat bantu seperti peraga, pameran, demonstrasi, dan sebagainya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Menurut Sugiyono (2013:14), penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivism, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah diterapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel Peningkatan Penjualan produk Telkomsel di Kota Bitung, sehingga H0 ditolak dan H1 dinyatakan diterima. Koefisien regresi untuk variabel promosi diperoleh sebesar 0,787 artinya setiap peningkatan pada variabel promosi sebesar 1 satuan skala akan menyebabkan peningkatan pada variabel Peningkatan Penjualan produk Telkomsel di Kota Bitung sebesar 0,787 satuan skala. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka diajukan saran dalam penelitian ini yaitu diharapkan PT. Megamitra Makmur Sentosa Unit Bitung melakukan promosi penjualan secara berkala sebagai upaya untuk meningkatkan Peningkatan Penjualan produk Telkomsel di Kota Bitung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EKOMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam ...