Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Vol. 4 No. 1: November 2024

Modal Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Pada Baitul Mal wat Tamwil di Kabupaten Jepara

Nikmatun Ulya (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
miswan ansori (a:1:{s:5:"en_US"
s:40:"Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara"
})



Article Info

Publish Date
23 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pemanfaatan modal sosial dalam strategi pemasaran Baitul Mal wat Tamwil (BMT) Lima Satu di Kabupaten Jepara. BMT ini, yang didirikan pada tahun 2011, telah berkembang pesat dengan tiga cabang dan aset mencapai lebih dari 8 miliar rupiah. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan wawancara mendalam terhadap manajer pemasaran, pegawai, dan anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BMT Lima Satu memanfaatkan jaringan sosial dengan berkolaborasi dengan tokoh masyarakat dan berpartisipasi dalam acara komunitas untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan pasar. Selain itu, transparansi dan komunikasi terbuka berkontribusi pada peningkatan kepercayaan dan kredibilitas. Dukungan komunitas dan pemanfaatan norma sosial juga memperkuat hubungan dengan masyarakat. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya modal sosial dalam strategi pemasaran BMT untuk membangun hubungan yang solid dan memperluas pengaruhnya di masyarakat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EKOMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam ...