Pembelajaran dalam menentukan unsur-unsur teks berita yang mempunyai hubungan untuk disatukan dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan Masalah adalah “Bagaimanakah Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Islam Terpadu Wihdatul Ummah Kolaka dalam Menentukan Unsur-unsur Teks Berita?” Tujuan yaitu Untuk mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Islam Terpadu Wihdatu Ummah Kolaka dalam Menentukan Unsur-unsur Teks Berita. Manfaat yang diharapkan: (a.) secara teoretis, (b) secara praktis. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII terdiri dari 21 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan sebanyak 21 siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Wihdatul Ummah Kolaka siswa masih di bawa rata-rata (5-6), yakni sebanyak 18 orang (85,71) dengan nilai rata-rata 5,9. dari hasil melakukan perbaikan Sehingga dapat diperoleh nilai rata-rata yaitu 9,5 dengan persentase ketuntasan 95,71% (sangat baik).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023