Ulil Albab
Vol. 2 No. 4: Maret 2023

Peran Kelompok Kerja Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI SD Negeri Cambaya Kota Makassar

Musdalifa Musdalifa (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Abd Aziz Muslimin (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Sitti Satriani IS (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SDN Cambaya Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar Untuk mengetahui kualitas pendidikan agama Islam di SDN Cambaya Kecamatan Ujung Tanah. Kota Makassar, Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat guru Pokja Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Negeri Cambaya Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Dalam jenis penelitian ini digunakan metode kualitatif, sedangkan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Peran KKG dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa yaitu mengupayakan agar guru mampu meningkatkan kualitas guru dan minat siswa dalam belajar, sehingga siswa dalam belajar dapat meningkatkan potensi dirinya. untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam. 2). Mutu pembelajaran dapat diartikan sebagai hubungan yang sistematis dan sinergis antara guru, kurikulum, bahan ajar, media, fasilitas, dan sistem pembelajaran untuk menciptakan proses pengajaran yang optimal sesuai dengan kebutuhan kurikulum. 3). Faktor pendukung KKG adalah guru yang berkompeten untuk melatih, membentuk dan memimpin KKG, serta kerjasama antara ustadz dan manajemen sekolah. Meskipun kurangnya kesadaran sebagian siswa, lingkungan sekolah dan fasilitas yang kurang memadai menjadi faktor penghambat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...