Pandemi COVID-19 memberikan pengaruh terhadap pembelajaran di pendidikan tinggi di Indonesia yaitu pembelajaran dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring memiliki dampak positif maupun negatif, salah satunya berpengaruh terhadap beban kerja mental. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat beban mental mahasiswa saat melakukan pembelajaran secara daring. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 175 mahasiswa Teknik Industri Institut Teknologi Sumatera. Metode yang digunakan untuk menilai beban mental adalah NASA Task Load Index (NASA-TLX). Indikator pada metode NASA-TLX terdiri dari kebutuhan mental, kebutuhan fisik, kebutuhan waktu, performansi, tingkat usaha, dan tingkat frustasi.Hasil penilaian NASA-TLX memberikan rata-rata sebesar 69,87 dan indikator tertinggi adalah kebutuhan waktu dan tingkat usaha. Kesimpulan terhadap hasil ini yaitu beban mental yang dirasakan mahasiswa masuk dalam pembelajaran daring termasuk kedalam kategori sedang
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023