Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh penggunaan media sosial dengan model pendekatan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) terhadap kinerja UMKM kedai kopi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan sampel sebanyak 43 UMKM di Kabupaten Bojonegoro. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner oleh pelaku usaha. Metode analisis data yang digunakan meliputi regresi linier berganda, uji hipotesis, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja UMKM. Hal ini ditunjukkan dengan uji F pada persamaan pertama yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Begitu pula pada persamaan kedua, dimana nilai signifikansi sebesar 0,001 juga menunjukkan hasil yang signifikan. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial terhadap kinerja UMKM. Selain itu, hasil uji R² diperoleh nilai R² total sebesar 0,698 yang berarti variabel bebas (media sosial) mampu menjelaskan 69,8% variabilitas variabel keterikatan (kinerja UMKM). Temuan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial yang efektif dapat meningkatkan kinerja UMKM, khususnya pada konteks kedai kopi di Kabupaten Bojonegoro.
Copyrights © 2024