Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan metode konvensional yang sudah tidak efektif lagi pelaksanaannya karena tidak mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Guna mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan adanya metode pembelajaran yang mengedepankan proses belajar dan mengutamakan aktifitas menyenangkan siswa di dalam kelas. Salah satu metode tersebut adalah Role Playing atau metode bermain peran. Role playing juga disebut dengan sosio drama merupakan metode pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk memainkan peran yang berkaitan dengan pokok kajian yang disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan Ekonomi di Indonesia melalui metode Role Playing di SD Negeri Sentul 02 semester I tahun pelajaran 2021-2022 berhasil dilaksanakan dengan baik dan hasilnya cukup memuaskan. Hasil belajar berupa nilai rata-rata kelas pada kondisi awal/pratindakan hanya sebesar 62, kemudian meningkat pada Siklus I menjadi 68 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 78. Persentase ketuntasan belajar pada kondisi awal/pratindakan hanya sebesar 44%, lalu meningkat pada Siklus I menjadi 68%, dan meningkat lagi menjadi 88% pada akhir siklus II.
Copyrights © 2023