Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika yang diberikan guru. Hal ini berdasarkan temuan di lapangan dan penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP inilah maka dilakukan penelitian eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan teknik probing yang bertempat di SMP Negeri 1 Lembang kelas VIII semester 1 tahun ajaran 2008/2009. Sampel penelitian diambil dua kelas secara random dengan masing-masing kelas terdiri atas 43 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pemahaman konsep berupa pretest dan postest. Dengan menguji skor indeks gain diperoleh kesimpulan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran metode ekspositori dengan siswa yang menggunakan pembelajaran teknik probing. Rata-rata indeks gain siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik probing lebih tinggi dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan metode ekspositori.
Copyrights © 2023