Ulil Albab
Vol. 2 No. 8: Juli 2023

Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Matematika di SMA XYZ Depok

Satria Mahardika (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar terhada hasil belajar siswa kela XI mata pelajaran matematika di SMA Negeri XYZ Depok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (Sudjana, 2014) nilai koefisien korelasi r sebesar 0,6648 yang berarti terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri XYZ Depok. Koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 44,19% yang berarti variabel kesulitan belajar memberikan kontribusi sebesar 44,19% dan sisanya 55,81% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 9,666 > 1,980. Hal ini berarti H0 di tolak dan Ha di terima, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar. pada dk = 120 – 2 = 118 dengan taraf signifikan 0,05 adalah 1,980 yang berarti t_hitung (9,666) > t_tabel (1,980). Dari perhitungan ini, dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negeri XYZ Depok.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...