Proses pembelajaran yang kurang mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa dan belum adanya diskusi kelompok dalam proses belajar PPKn, membuat siswa merasa jenuh dan kurang bersemangat berakibat siswa memperoleh hasil belajar yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PPKn siswa kelas III SDN Candi 03 Kota Semarang melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Politerasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Candi 03 Kota Semarang dengan subjek siswa kelas III selama 2 siklus yyang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar PPKn pada aspek pengetahuan pada materi pengamalan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pada siklus I memperoleh hasil 71% dengan nilai rata-rata 70,71 dan pada siklus II memperoleh hasil 86% dengan nilai rata-rata 84,29. dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Politerasi dapat meningkatkan hasil belajar PPKn aspek pengetahuan siswa kelas III SDN Candi 03 Kota Semarang. Guru hendaknya dapat mengaplikasikan model Problem Based Learning dan media yang sesuai dengan materi sehingga siswa mampu memahami dan menyerap materi dengan baik
Copyrights © 2023