Ulil Albab
Vol. 2 No. 9: Agustus 2023

Perilaku Disiplin Kepala Madrasah dalam Pembinaan Siswa : Studi Kasus Peningkatan Kualitas Belajar di MI Ma’arif 11 Bulusari dan MI Nurussalam Wringinharjo

Sartono Sartono (Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al-Azhar)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya  masyarakat, bangsa dan Negara. Untuk mengembangkan diri perlu upaya menanamkan disiplin di madrasah yang didasari prinsip demokratis yakni dari, oleh dan untuk anak didik utamanya dan untuk guru, karyawan dan Kepala Madrasah sebagai Pembina pada tingkatan masing-masing dengan mengacu pada sikap “Ikhlas Beramal dan Tutwuri Handayani” Oleh karenaitu dalam menentukan peraturan disiplin perlu berpedoman padasikap demokratis tersebut yaitu: Peran Perilaku Disiplin Kepala Madrasah Terhadap Proses Belajar Mengajar: Pentingnya perilaku disiplin Kepala Madrasah tercermin dalam mengelola atau melaksanakan fungsi manajer sekolah, yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing) pengerahan (actuating) dan pengawasan (controlling).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...