Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Hikmah. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran muhasabah santri Pondok Pesantren Darul Hikmah dalam meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) adapun pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar, bukan angka-angka. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dari hasil wawancara, observasi, data sekunder dari buku-buku serta jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa seluruh santri memahami urgensi muhasabah dan melaksanakannya termasuk dalam proses peningkatan prestasi belajarnya. Teknik pelaksanaannya yaitu dengan cara menyendiri dan berbagi dengan teman sebaya. Adapun waktu pelaksanaannya bervariasi yaitu setiap hari menjelang tidur, seminggu dua kali dan adapula yang melakukannya sebulan sekali. Terapi muhasabah yang dilakukan santri kelas 6 Pondok Pesantren Darul Hikmah hanya berpengaruh terhadap sebagian santri dalam peningkatan prestasi belajarnya, sementara bagi yang lain muhasabah yang mereka lakukan berpengaruh terhadap tingkah laku atau sikap kesehariannya.
Copyrights © 2023