Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku sosial mahasiswa dalam belanja online berdasarkan teori pertukaran sosial yaitu social eschange theory dari George Homans. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek survey adalah mahasiswa yang mengelola dan mahasiswa yang belanja di online shop. Semua mahasiswa dalam penelitian ini adalah wanita. Hal ini karena peneliti meyakini bahwa wanita lebih tertarik dan lebih banyak berpartisipasi dalam belanja online, terutama untuk barang yang biasa dijual atau dipasarkan, seperti: baju, sepatu, tas, kosmetik dan peralatan rumah tangga yang memenuhi keperluan dasar wanita. Teori utama yang digunakan dalam penelitian adalah teori pertukaran sosial dari George Homans. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori pertukaran sosial George Homan dapat digunakan untuk mengidentifikasi bentuk perilaku sosial pada mahasiswa yang terlibat dalam aktivitas belanja online. Teori ini meliputi proposisi keberhasilan, tindakan, dan nilai, kebosanan, rasionalitas, dan persetujuan. Dari proposisi tersebut menerangkan bahwa setiap orang ingin bertindak agar dihargai atau dihormati atas perbuatannya. Mahasiswa yang terlibat dalam aktivitas belanja online diketahui bertindak berdasarkan harga atau keuntungan yang mereka terima dari aktivitas mereka. Bentuk percakapan pada media sosial dalam kegiatan transaksi online adalah untuk menjaga mutu dan harga barang, dan penjual harus dapat memberikan pelayanan yang ramah, bersahabat dan menarik kepada pembeli.
Copyrights © 2023