Latar belakang penelitian ini adalah bahwa seharusnya dalam proses pembelajaran kimia, guru dituntut untuk lebih kreatif dan menggunakan strategi pembelajaran yang menarik sehingga akan diikuti penigkatan minat dan prestasi belajar siswa yang baik pula. Dalam kenyataannya guru masih menggunakan strategi pembelajaran yang kurang menarik sehingga minat dan prestasi belajar siswa juga menurun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hal-hal yang membuat siswa merasa senang dalam pembelajaran kimia dengan menggunakaan pembelajaran metode paikem yaitu : adanya reward berupa pujian, applause, penguat, maupun hadiah langsung, menciptakan suasanan pembelajaran yang menyenangkan dan berbagai media yang variatif sehingga cukup menarik. (2) Berdasarkan observasi minat pembelajaran biologi dengan metode paikem dapat meningkatkan minat belajar siswa kelasX IPA. Hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan dari hasil angket pra tindakan sebesar 38%, siklus I sebesar 88% dan siklus II sebesar 96%. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat terlihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada tes pra tindakan sebesar 71,4 dengan kategori cukup, pada siklus I sebesar 81,3 dengan kategori baik dan pada siklus II sebesar 88,8 dengan kategori baik sekali. Ketuntasan siswa dapat dilihat dari pra tindakan sebanyak 10 siswa (38,46%), siklus I 23 siswa (81,3%) dan siklus II 25 siswa (96%).
Copyrights © 2023