Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara efisiensi pengeluaran publik dalam bidang pendidikan dan pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan studi pustaka. Kajian ini difokuskan pada evaluasi sistematis berbagai literatur terkait alokasi anggaran dalam bidang pendidikan dan dampaknya terhadap pembangunan manusia. Pengumpulan data dilakukan melalui telaah dokumen dan kajian literatur yang komprehensif. Diketahui bahwa efisiensi pengeluaran publik dalam bidang pendidikan memiliki korelasi dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia. Analisis mendalam mengungkapkan bahwa optimalisasi alokasi anggaran pendidikan tidak sekadar memengaruhi kuantitas, melainkan juga kualitas layanan pendidikan yang berdampak langsung pada peningkatan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa strategi efisiensi pengeluaran publik yang tepat dapat menjadi upaya utama dalam mentransformasi potensi pendidikan menjadi modal pembangunan manusia yang berkelanjutan.
Copyrights © 2025