PT.HABE adalah perusahaan dagang dan eksportir produk-produk handycraft berkualitas serta bernilai seni, dengan material utama kayu jati. PT Habe harus mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam menghadapi persaingan, yang akan sangat membantu dalam mendefinisikan diri, serta memanfaatkan semua peluang. strategi pemasaran adalah upaya untuk menemukan pemasaran yang menguntungkan. posisi dalam sebuah perusahaan. Permasalahan yang didapat adalah data penjualan yang menurun dikarnakan kuranya inovasi desain atau ukiran produk sehingga membuat konsumen bosan dengan produk yang diproduksi. menetapkan strategi pemasaran yang sesuai atau strategi terbaik bagi PT Habe menggunakan pendekatan metode matriks SWOT dan matriks QSPM. Berdasarkan analisis matrix IFE diperoleh total skor yang dimiliki sebesar 3,43, sedangkan analisis matrix EFE sebesar 2,10. Hasil matrix IE berada pada sel IV yang disebut strategi tumbuh dan membangun, selain itu pada sel IV terdapat strategi integratif yaitu integrasi ke depan, integrasi ke belakang dan integrasi horizontal. Matrik SWOT menghasilkan 5 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh PT Habe. Berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling diusulkan dan diprioritaskan adalah menciptakan produk dengan bentuk dan ukiran yang baru dalam hal ini PT Habe menciptakan berbagai jenis ukiran pada produk-produknya seperti produk yang bermotif alam yang mengambarkan motif bunga-bunga,pohon,hewan dan lain sebagainya diperoleh nilai TAS sejumlah 7,18 Kata Kunci : Matrix IE, Matrix IFE EFE, Matrix QSPM, Matrix SWOT, Pemasaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023