Ulil Albab
Vol. 2 No. 11: Oktober 2023

Jual Beli dan Fiqih Media Sosial dalam Perspektif Fiqih Muamalah Kontemporer

Muhammad Khalil Dova (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah)
Ahmadih Rojalih (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses jual beli yang terjadi pada media sosial dalam perspektif fiqih muamalah kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian pustaka (Library research) yang membahas terkait permasalahan jual beli pada media sosial. Namun penulis juga menggunakan pendekatan hukum Islam dalam menemukan hokum jual beli pada media sosial. Adapun permasalahan yang muncul pada penelitian ini terdapat pada transaksi jual beli yang dilakukan melalui media sosial atau yang kerap disebut dengan online. Walaupun bertransaksi jual beli dengan cara online ini mudah, namun tidak bisa dipungkiri bahwa transaksi online ini juga memiliki kekurangannya. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah Perkembangan transaksi jual beli kontemporer, tidak lagi semata mengandalkan jual beli dengan tatap muka. Transaksi jual beli kontemporer seiring dengan perkembangan teknologi telah memunculkan bentuk penjualan lainnya yaitu jual beli online. Jual beli online juga disebut dengan E-Commerce, dan bentuk-bentuk dari jual beli kontemporer seperti online, rekening bersama (REKBER), E-Commerce dan ATM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...