Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) gambaran partisipasi orang tua terhadap keterampilan dasar calistung anak sekolah dasar kelas awal; 2). gambaran kemampuan calistung anak-anak SD kelas awal di pendidikan luar sekolah. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pendekatan kuantitatif adalah alat ukur adaptasi EGRA sedangkan dalam pendekatan kualitatif menggunakan teknik observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di sebuah lembaga pendidikan luar sekolah, dengan partispan penelitian terdiri dari dua puluh empat orang anak, tiga orang tua dan enam orang guru yang mengajar di pendidikan luar sekolah. Hasil data kuantitatif menunjukkan bahwa terdapat lima kemampuan yang masih kurang terkait calistung. Sedangkan data kualitatif menunjukkan partisipasi orang tua kurang dikarenakan adanya peran dan pembagian tugas antara orang tua yang tidak seimbang, kurangnya kesadaran orang tua dalam melakukan kerjasama, kurangnya pengetahuan dan pendidikan orang tua serta kurangnya kemampuan orang tua dalam membangun lingkungan edukasi di rumah.
Copyrights © 2023