Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Vol. 4 No. 3: Maret 2025

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Paket Umroh Terhadap Tingkat Kepuasan Jamaah: Studi Pada PT. Al-Hijaz Kota Bengkulu

Listi Wahyu Ningsi (Unknown)
Desi Isnaini (Unknown)
Kustin Hartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga paket umroh, serta kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama terhadap tingkat kepuasan jamaah umroh pada Pt. Al-Hijaz kota bengkulu. Dengan metode yang digunakan kuantitatif pengumpulan data melalui kuisioner terhadap 30 responden yang merupakan pengguna jasa. Instrumen survei terstruktur digunakan untuk mengukur presepsi responden terhadap pengaruh kepercayaan, harga peket umroh dan kepuasan jamaah umrah. data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui hubungan antara kulitas pelayanan, harga dengan tingkat kepuasan jamaah umrah, serta untuk megetahui hubungan antara kualiats pelayanan dan harga dangan tingkat kepuasan jamaah umrah secara bersama-sama. Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk memastikan keabsahan atau keandalan suatu instrumen penelitian. Hasil penelitian  menunjukan bahwa kualitas pelayanan, haraga, serta kualiatas dan harga bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan jamaah umroh. Dimana kualiatas pelayanan (t = 0,031< 0,05),  harga (t = 0,027 < 0,05), dan nilai stimultan (f = 0,012 < 0,05).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EKOMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam ...