Ulil Albab
Vol. 3 No. 2: Januari 2024

Efektivitas Media Pembelajaran Kartu Unsur Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menghafal Tabel Periodik

Ajeng Fitra Nuralisya (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ilma Azzahra (Universitas Pendidikan Indonesia)
Naila Safana Al Zikra (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data perbandingan kemampuan siswa dalam menghafal tabel periodik sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran kartu unsur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini melakukan pengumpulan data melalui pre-test dan post-test dengan partisipan sebanyak 26 siswa kelas XI-1 SMA Percontohan Labschool UPI. Pre-test dilakukan sebelum penggunaan media pembelajaran kartu unsur dan post-test dilakukan sesudah penggunaan media pembelajaran kartu unsur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil pre-test siswa diperoleh nilai tertinggi sebesar seratus dan nilai terendah sebesar lima puluh. Hasil post-test siswa diperoleh nilai tertinggi sebesar seratus dan nilai terendah sebesar delapan puluh. Nilai rata-rata siswa setelah menggunakan media pembelajaran kartu unsur yaitu sebesar 95,4, lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan media pembelajaran kartu unsur yaitu sebesar 77,7. Hasil nilai test siswa mengalami kenaikan sebesar 17,7. Hasil uji n-gain diperoleh nilai sebesar 0,79 yang termasuk kedalam kategori tinggi. Maka secara keseluruhan penerapan media pembelajaran kartu unsur dalam membantu siswa untuk menghafal tabel periodik sangat efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...