Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data perbandingan kemampuan siswa dalam menghafal tabel periodik sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran kartu unsur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini melakukan pengumpulan data melalui pre-test dan post-test dengan partisipan sebanyak 26 siswa kelas XI-1 SMA Percontohan Labschool UPI. Pre-test dilakukan sebelum penggunaan media pembelajaran kartu unsur dan post-test dilakukan sesudah penggunaan media pembelajaran kartu unsur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil pre-test siswa diperoleh nilai tertinggi sebesar seratus dan nilai terendah sebesar lima puluh. Hasil post-test siswa diperoleh nilai tertinggi sebesar seratus dan nilai terendah sebesar delapan puluh. Nilai rata-rata siswa setelah menggunakan media pembelajaran kartu unsur yaitu sebesar 95,4, lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan media pembelajaran kartu unsur yaitu sebesar 77,7. Hasil nilai test siswa mengalami kenaikan sebesar 17,7. Hasil uji n-gain diperoleh nilai sebesar 0,79 yang termasuk kedalam kategori tinggi. Maka secara keseluruhan penerapan media pembelajaran kartu unsur dalam membantu siswa untuk menghafal tabel periodik sangat efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024