Dalam mempelajari materi kimia dibutuhkan kemampuan menganalisis dan penalaran yang kuat. Pemahaman siswa didasari oleh materi yang diberikan guru, oleh karena itu, bagaimana cara guru menyampaikan materi dan metode yang digunakan mempengaruhi pemahaman siswa dalam mata pelajaran kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis metode yang digunakan guru terhadap pemahaman siswa dalam mata pelajaran kimia sehingga diketahui metode yang digunakan harus diselaraskan dengan kemampuan siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada kuesioner, wawancara, dan observasi untuk mendapatkan data. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua guru dan empat belas siswa. Guru yang diwawancara adalah guru mata pelajaran kimia, dan siswa yang diteliti adalah siswa yang sudah pernah diajarkan oleh dua guru yaitu siswa kelas XII. Metode yang digunakan oleh guru benar mempengaruhi pemahaman siswa, guru melakukan metode dengan menyesuaikan kemampuan siswa dalam belajar. Tetapi metode yang digunakan belum maksimal. Oleh karena itu, metode yang diberikan oleh guru harus disesuaikan dengan kemampuan siswa
Copyrights © 2023