Pengaruh Penggunaan Pendekatan Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Tema III Materi Wujud Benda Kelas III di SDN 15 Sungai Pinyuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan lingkungan terhadap hasil belajar IPA tema III materi wujud benda kelas III di SDN 15 Sungai Pinyuh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan, yaitu quasy experimental design. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pengaruh pendekatan lingkungan, sedangkan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SDN 15 Sungai Pinyuh sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IIIB (Kelas eksperimen) dan IIIA (Kelas kontrol) SDN 15 Sungai Pinyuh. Teknik yang digunakan untuk penentuan kelas eksperimen dan kontrol menggunakan Non Probability sampling (sampel yang tidak memberi peluang yang sama bagi setiap unsur anggota populasi). Pada pengumpulan data, peneliti menggunakan tes hasil belajar siswa. Teknik pengumpulannya menggunakan tes.
Copyrights © 2023