Dalam penelitian ini penulis membahas tentang Hubungan Penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IX SMP Jagakarsa. Penelitian ini bertujuan; (1) untuk mengetahui penguasaan kosakata siswa kelas IX SMP Jagakarsa tahun ajaran 2022/2023; (2) untuk mengetahui keterampilan menulis siswa kelas IX SMP Jagakarsa tahun ajaran 2022/2023; (3) untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis siswa kelas IX SMP Jagakarsa tahun ajaran 2022/2023. Guna menjawab pernyataan diatas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif serta dilaksanakan di SMP Jagakarsa. Ada 30 siswa dan terdiri dari 5 kelas yang dijadikan sampel pada penelitian. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau proportional random sampling karna subjek penelitian lebih dari 100 sehingga sampel penelitian akan diambil 20% dari jumlah siswa setiap kelas. Penelitian ini menggunakan tes sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa; (1) hasil tes penguasaan kosakata dengan rata – rata skor yang diperoleh siswa 27,6-37,9 dengan persentase 40% dan masuk kategori cukup baik; (2) hasil tes keterampilan menulis karangan deskripsi dengan rata-rata skor yang diperoleh 30,97-39,30 dengan presentase sebesar 33% dan masuk ke dalam kategori cukup baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa siswa kelas IX SMP Jagakarsa mampu dalam menulis karangan deskripsi; (3) hasil uji korelasi yang dilakukan oleh peneliti dengan taraf signifikansi sebesar 0,939, Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IX SMP Jagakarsa tahun ajaran 2022/2023.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024