Meneliti peran media sosial TikTok dalam membentuk opini publik tentang calon presiden pada pemilu 2024. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desk study dan menggunakan teknik analisis konten untuk memahami peran media dalam mengendalikan persepsi publik untuk calon presiden melalui konten-konten pemilu di media sosial TikTok. Calon presiden menggunakan media sosial TikTok sebagai media informasi dan media komunikasi politik. Interaksi dan respon publik dalam pembentukan persepsi. Publik memberikan respon pada setiap postingan konten pemilu, berupa komentar negatif maupun positif. Pola interaksi yang tercipta dapat dilihat dari komentar, like dan juga share. Media sosial TikTok menjadi media berkampanye dengan sasaran utama kaum muda. Tingginya pengguna media sosial TikTok adalah kaum muda. Kaum muda mampu menyatakan pendapat mereka di akun media sosial TikTok dengan mengangkat isu-isu politik. Minim nya tingkat literasi dan pengenalan hal-hal politik membuat sebagian besar kaum muda hanya melihat isu politik dari sebuah konten saja. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media sosial TikTok memiliki pengaruh yang signifikan dalam pembentukan opini publik terhadap calon presiden pada pemilu 2024. TikTok secara efektif mempengaruhi persepsi publik melalui audio visual maupun narasi-narasi politik yang diangkat menjadi sebuah pemberitaan baru yang menarik perhatian publik. Melihat dinamika interaksi di media sosial TikTok pengaruh yang signifikan juga dapat ditarik kesimpulannya.
Copyrights © 2024