Kampanye politik mengalami perubahan strategi dan pendekatan di era pesatnya perkembangan media sosial, sebagai contoh media sosial yang saat ini digandrungi masyarakat adalah X. Penggunaan platform X dikalangan masyarakat, terutama Generasi Z memiliki peran penting menjelang pemilihan presiden RI 2024. Salah satu akun X yang berhasil mengambil atensi khalayak adalah @aniesbubble, yaitu sebuah akun yang dibentuk untuk memberikan dukungan kepada Paslon 01. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana akun X @aniesbubble memersuasi pengguna platform X untuk memberikan suaranya kepada Anies dalam Pemilu 2024 dengan menerapkan Kpopfication. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dengan subjek penelitiannya adalah komentar para pengikut akun X @aniesbubble. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kultivasi untuk memahami bagaimana paparan informasi yang terus-menerus disampaikan melalui akun X @aniesbubble dapat memengaruhi persepsi dan sikap pemilih. Berdasarkan hasil analisis, pengaruh antara akun X @aniesbubble dan perolehan suara Anies-Muhaimin ternyata berada pada tingkat hubungan yang lemah karena total perolehan suara yang diperoleh pasangan calon presiden dan wakil presiden tersebut hanya sebesar 24,95%. Kesimpulannya adalah jumlah pengikut dan interaksi yang tinggi pada akun X pendukung Anies Baswedan @aniesbubble yang aktif dalam menyebarkan konten-konten terkait kampanye tidak menjadi jaminan tingginya perolehan suara yang didapatkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024