Ulil Albab
Vol. 3 No. 6: Mei 2024

Persepsi Publik Terhadap Postingan TikTok @afifahbinmaj Terkait Demonstrasi Kepada Pemerintahan Indonesia di Hari Perempuan Internasional

Gabriella Meltina Kifta (Universitas Kristen Indonesia)
Moody Tiur (Universitas Kristen Indonesia)
Maria Gabrielita (Universitas Kristen Indonesia)
Intan Tiara (Universitas Kristen Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

Hari Perempuan Internasional sepantasnya menjadi hari bagi perempuan untuk menyuarakan pendapatnya yang terbatas. Namun, aksi ini justru berubah menjadi demonstrasi kepada pemerintahan Indonesia. Pada 8 Maret 2024, demonstrasi dilakukan oleh ratusan perempuan Indonesia dengan berjalan kaki dari depan Kantor Badan Pengawas Pemilu hingga kawasan Monumen Nasional. Dalam demonstrasi yang terjadi terdapat keluhan-keluhan kepada Presiden Joko Widodo serta memberikan sindiran terhadap program kerja kandidat 02 calon Presiden Indonesia 2024. Demonstrasi ini menjadi bentuk kekecewaan perempuan Indonesia kepada pemerintahan Indonesia. Penelitian ini menjadi penting sebagai bahan edukasi terbaru agar masyarakat Indonesia menjadi lebih bijak dalam menyuarakan pendapat ataupun haknya sebagai warga negara. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi publik terkait demonstrasi kepada pemerintahan Indonesia yang dilakukan pada Hari Perempuan Internasional. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori sosiologi yang menyatakan bahwa persepsi merupakan penentu seseorang dalam menanggapi sesuatu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Instrumen yang akan digunakan berasal dari analisis sentimen publik pada komentar akun TikTok @afifahbinmaj.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...