Ulil Albab
Vol. 3 No. 7: Juni 2024

Perspektif Ibnu Khaldun dan Al-Farabi pada Filsafat Pendidikan Islam

Aulia Al-Qisthy Nazifah (Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin)
Nurul Mafazah (Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin)
Susi Susilawati (Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin)
Dina Indriyana (Unknown)
Wahyu Hidayat (Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2024

Abstract

Ide-ide Islam menjadi landasan bagi berbagai maksud, nilai, dan tujuan yang membentuk filosofi pendidikan Islam. Filosofi ini menekankan nilai pendidikan sebagai cara untuk mencapai tujuan seperti kesejahteraan sosial, keadilan, dan kebenaran, serta didasarkan pada Hadits dan Al-Quran. Pendidikan Islam sangat menekankan pada pertumbuhan akademis, moral, dan spiritual seseorang. Bukan hanya perolehan informasi saja yang menjadi tujuannya, namun pengembangan karakter yang sejalan dengan prinsip-prinsip Islam juga menjadi tujuannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang disandingkan dengan pendekatan deskriptif. Informasi kualitatif yang dikumpulkan terdiri dari teks tertulis, penjelasan, dan deskripsi dari sumber terkait yang mencakup penjelasan pandangan pendidikan Al-Farabi dan Ibnu Khaldun. Sumber daya tersebut terdiri dari buku, jurnal, dan artikel yang digunakan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...