Ulil Albab
Vol. 3 No. 10: September 2024

Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Teknologi Literacy Cloud Pada Pembelajaran Membaca Intensif Siswa Kelas IV

Ayuni Ulfatussyaroya (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Arief Hidayat Afendi (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Hanikah Hanikah (Universitas Muhammadiyah Cirebon)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2024

Abstract

Peneliti melihat hasil belajar pada siswa di kelas IV SDN 3 Sidawangi masih sangat jauh dari harapan. Untuk mengetahui hasil belajar dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media teknologi Literacy Cloud pada siswa kelas IV SDN 3 Sidawangi .Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode PTK dapat digunakan peneliti karena menggambarkan proses serta hasil dan sesuai dengan kebutuhan peneliti untuk menjawab permasalahan yang ada di kelasbahwa hasil observasi siswa pada siklus 1 terdapat skor 39 dengan nilai (2,43) kriteria baik dengan presentase (60,93%) belum mencapai target keberhasilan penelitian, maka dari itu perlu adanya penelitian di siklus II agar mencapai target keberhasilan yang sesuai. hasil observasi siswa pada siklus II memperoleh jumlah skor 68 dengan nilai (4,25) dengan kriteria sangat baik dengan presentase 94,11%. Hal ini sudah dapat mencapai target keberhasilan penelitian. Hasil belajar siswa pada data awal terdapat 4 (13,79%) siswa yang tuntas belajar. Pada siklus I terdapat 8 (27,58%) siswa yang tuntas belajar. Dan pada siklus II terdapat 21 (72.41%) siswa yang tuntas belajar, menunjukan bahwa dengan menerapkan pemebelajaran menggunakan media teknologi literacy cloud dapat meningkatkan hasil belajar pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi Mmebaca Intensif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...