Penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying, dampak-dampak bullying, dan peran guru ppkn dalam penguatan pendidikan karakter siswa sebagai upaya pencegahan bullying di SMP Negri 2 Sumberasih. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peneliti menemukan adanya perilaku bullying yang sering terjadi di sekolah dan di lingkungan sekolah. Aksi bullying ini merugikan korban hingga mempengaruhi psikisnya. Dampak adanya bullying terhadap siswa dapat menghancurkan semangat dan motivasi siswa dan terutama menciptakan situasi belajar yang tidak nyaman. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti tentang peran guru PPKn dalam mencegah adanya perilaku bullying sangatlah penting, karena guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Copyrights © 2024