Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak negatif pada tumbuh kembang anak, salah satunya ialah speech delay. Berbagai upaya harus dilakukan dalam menangani permasalahan speech delay pada anak, sebab dapat berdampak pada aspek perkembangan anak lainnya. sebuah penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan kontribusi layanan pendidikan full day school dalam menangani anak speech delay di Lembaga PAUD. Full Day School dipilih oleh orang tua sebab adanya perubahan budaya, pergeseran jaman dari agraris ke industri, peningkatan single parent dan ibu karir. Adapun penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ialah 5 anak usia dini yang terdiagnosa speech delay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa full day school memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan bicara dan perkembangan sosial anak speech delay. Intensitas interaksi antara anak speech delay dengan teman sebaya serta pendidik di full day school secara tidak langsung dapat menangani keterlambatan bicara anak. Eskalasi perkembangan kemampuan bicara anak speech delay tampak pada peningkatan kosakata dan kemampuan menyusun kalimat.
Copyrights © 2024