Falsafah Fagogoru, sebagai falsafah lokal yang berasal dari budaya masyarakat Halmahera, menekankan nilai-nilai persaudaraan, gotong royong, dan kebersamaan. Nilai-nilai ini dianggap relevan dalam membentuk karakter siswa yang lebih peduli terhadap sesama serta mengurangi perilaku negatif seperti bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk-bentuk sosial pada siswa, mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku bullying pada siswa, mendeskripsikan bentuk falsafah fagogoru pada siswa, mendeskripsikan implementasi falsafah fagogoru dalam meningkatkan peduli sosial dan mengurangi perilaku bullying pada siswa SD Inpres Mabapura. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah wawancara terstruktur. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, dan pihak terkait di SD Inpres Mabapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi falsafah fagogoru dalam meningkatkan peduli sosial dan mengurangi perilaku bullying yang diterapkan oleh SD Inpres Mabapura berhasil meningkatkan peduli sosial dan mengurangi perilaku bullying pada siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024