Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah masih banyaknya guru PJOK yang kurang memberdayakan kreativitasnya ditengah keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran PJOK yang ada disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kreativitas guru PJOK dalam mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kabuh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru yang mengajar PJOK di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kabuh dengan jumlah 24. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah 19 guru yang memiliki ijazah sarjana pendidikan jasmani atau sedang menempuh jenjang pendidikan sarjana pendidikan jasmani. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program Stastistical Program Social Science (SPSS) versi 22.Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kreativitas guru PJOK dalam mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kabuh masih tergolong sedang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 85,37 dengan jumlah nilai maksimum 99 dan jumlah nilai minimum 77.
Copyrights © 2024