Arsy
Vol. 6 No. 2 (2022): Arsy : Jurnal Studi Islam

Motivasi Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Media Pembelajaran VCD Dan Metode Kerja Kelompok Pada Materi Kehidupan Masa Pra-Aksara Di Indonesia

Jariyah, Ainun (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran terutama pada pelajaran sejarah membuat sebagian besar siswa pelajaran sejarah adalah pelajaran yang membosankan dan bersifat hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran menggunakan media pembelajaran VCD dengan metode kerja kelompok untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas VII A MTsN 12 Jombang tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas kelas VII A MTsN 12 Jombang tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan data dilakukan lewat observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskripsi prosentase. Hasil penelitian manunjukkan Nilai rata-rata kognitif siswa mengalami peningkatan pada pra siklus nilai rata-rata siswa 59,26 dengan ketuntasan klasikal 42,11%, siklus I dengan nilai rata-rata 53,82 dengan ketuntasan klasikal 42,16% kemudian meningkat pada siklus II yaitu nilai rata-rata 64,57 dengan ketuntasan klasikal 78,95%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dicapai, maka dapat disimpilkan bahwa penerapan model pembelajaran menggunakan media VCD dengan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas VIIA MTsN 12 Jombang tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pembelajaran dengan menggunakan media VCD dan metode kerja kelompok perlu dilaksanakan di kelas, karena model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa, selain itu model pembelajaran tersebut juga dapat meningkatkan motivasi siswa. Saran yang dalam penelitian ini adalah perlunya guru membentuk kelompok belajar pada siswa, sehingga siswa dapat belajar dan bekerjasama dalam menciptakan kreatifitas siswa dalam meningkatkan pemahaman akan materi pelajaran. Disarankan kepada para peneliti bidang pendidikan hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan perbandingan atau masukan untuk melakukan penelitian yang lebih luas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

arsy

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Arsy merupakan jurnal studi Islam yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil pertemuan ilmiah bidang pendidikan dan hukum Islam. p-ISSN: 2580-4286 e-ISSN: ...