Arsy
Vol. 8 No. 2 (2024): Arsy : Jurnal Studi Islam

Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Fadhilatus Syarifah (Universitas Darul 'Ulum)
Maharani Wicahyaningtyas (MTs Diponegoro Plandaan Jombang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dengan motivasi belajar peserta didik. Dengan sampel 36 siswa yang dipilih menggunakan teknik random sampling, data dikumpulkan melalui angket yang disusun peneliti. Analisis data menggunakan metode korelasional dengan software SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam (variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0,759. Koefisien determinasi sebesar 57,6% menunjukkan kontribusi kompetensi guru terhadap motivasi siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnyapengembangan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arsy

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Arsy merupakan jurnal studi Islam yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil pertemuan ilmiah bidang pendidikan dan hukum Islam. p-ISSN: 2580-4286 e-ISSN: ...